KUTIPAN TERBARU

Berbagi Ilmu, Cerita, Tips, Trik, Ebook, Informasi Menarik Untuk Anda,

FENOMENA TERJADINYA GERHANA MATAHARI DAN GERHANA BULAN



Alam dan Sekitarnya, kita tidak mengetahui semua isi dunia, dan FENOMENA DUNIA contoh Terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari ialah mengakibatkan  dari Revolusi bulan mengelilingi bumi dan revolusi bumi mengelilingi matahari.

Dalam revolusi tersebut (lingkaran nya), bumi menghasilkan bayang-bayang yang sangat panjang dan lama sekali proses tersebut dari matahari (panjangnya mencapai beberapa ribu kilometer).



Bayang-bayangnya terdiri dua
 
- umbra  yaitu disebut juga bayang-bayang inti; dan bayang-bayang kabur,
- penumbra  yaitu di atau bayang-bayang semu.
Semakin jauh dari bumi, bentuk umbra semakin kecil. Akibat adanya banyangan umbra dan penumbra inilah gerhana bulan dapat terjadi.

Kutipan Gerhana bulan terjadi kalo bulan dalam peredarannya masuk ke umbra bumi, sebagian atau seluruhnya. Jika bulan berada dalam penumbra bumi, bulan tampak mirib dangan bumi jika sebagaian bulan masuk ke umbra bumi, terjadi gerhana bulan sebagian; jika seluruh bulan masuk ke umbra bumi, terjadi gerhana bulan total. Lama seluruh gerhana bulan dapat berlangsung kira-kira 6 jam, tetapi gerhana bulan total hanya berlangsung kira-kira 1 jam 40 menit. Adanya umbra dan penumbra bulan inilah gerhana matahari dapat terjadi.

Kutipan Gerhana matahari dapat terjadi kalo umbra dan atau penumbra bulan jatuh ke halaman bumi. Oleh karena itu bulan jauh lebih kecil daripada matahari, bayang-bayang bulan ataudi sebut UMBRA yang jatuh mengenai permukaan bumi hanya melingkupi luasan yang sempit saja. Oleh karena itu, gerhana matahari yang terjadi dapat dibedakan menjadi 3 macam yaitu


•    Gerhana total,
•    Gerhana parsial,
•    Gerhana cincin.

Gerhana matahari total dialami oleh bagian bumi yang masuk ke umbra bulan. Gerhana matahari total ini hanya berlangsung kira-kira 6 menit, jauh lebih singkat daripada gerhana bulan.

Kesimpulan nya ialah Gerhana terjadi karena terhalangnya cahaya Matahari. kalo cahaya Matahari tidak bisa mencapai Bulan keseluruhan atau sebagian karena terhalang oleh Bumi (dengan kata lain Bulan berada dalam bayangan Bumi), maka peristiwa itu dinamakan gerhana bulan. Sedangkan jika bayangan Bulan jatuh kepermukaan Bumi (Bulan menghalangi sebagian cahaya Matahari yang menuju Bumi), maka peristiwa ini dinamakan gerhana matahari.Bulan tidak sepenuhnya gelap total karena sebagian cahaya masih bisa sampai ke permukaan Bulan oleh efek refraksi atmosfer BUMI.


 
TERIMA KASIH
0 Komentar untuk "FENOMENA TERJADINYA GERHANA MATAHARI DAN GERHANA BULAN"

 
Copyright © 2014 KUTIPAN TERBARU - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info