KUTIPAN TERBARU

Berbagi Ilmu, Cerita, Tips, Trik, Ebook, Informasi Menarik Untuk Anda,

TIPS HIDUP TENTRAM, DAMAI, AMAN DAN BAHAGIA DENGAN BERSYUKUR

SAUDARAKU sebangsa dan Setanah air kali ini saya ingin mengajak anda dalam sebuah kutipan yang menarik saya kutip dari beberapa Situs Terbesar ISLAM di Indonesia bagi anda yang MUSLIM ini akan menjadi pembelajaran untuk mensyukuri Kenikmatan dunia SUPAYA HIDUP TENTRAM, DAMAI, AMAN DAN BAHAGIA. Mensyukuri merupakan hal yang sangat luar biasa jika kita bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari kita, termasuk Mensyukuri kenikmatan hidup iman dan islam.
HIDUP TENTRAM, DAMAI, AMAN DAN BAHAGIA

Apapun yang kita lakukan akan selalu diberi kenikmatan, kemuliaan serta keindahan yang lebih dan pada saat tersebut pula kita lupa bersyukur dengan kenikmatan itu, kita lalai dengan kenikmatan kejayaan dan melupakan apa yang seharusnya kita syukuri. Wahai saudaraku Bersyukurlah maka Allah akan menambahkan kenikmatannya. Bersyukur atas segala nikmat Allah berikan merupakan kewajiban bagi setiap hamba yang beriman. Dari sahabat Nabi SAW yaitu Shuhaib bin Sinan dia berkata:

Rasulullah bersabda:
“Alangkah mengagumkan keadaan orang yang beriman, karena semua keadaannya (membawa) kebaikan (untuk dirinya), dan ini hanya ada pada seorang mukmin; jika dia mendapatkan kesenangan dia akan bersyukur, maka itu adalah kebaikan baginya, dan jika dia ditimpa kesusahan dia akan bersabar, maka itu adalah kebaikan baginya.
Kesimpulan Hadits diatas ini menunjukkan bahwa betapa besarnya keutamaan bersyukur di saat senang dan bersabar di saat susah, bahkan ke 2 sifat inilah yang merupakan penyempurna keimanan seorang hamba nya yang shaleh.

Abdullah bin Mas’us berkata: “Iman itu terbagi menjadi dua bagian; sebagiannya (adalah) sabar dan sebagian (lainnya adalah) syukur.”

Dalam al-Qur’an, Allah memuji secara khusus hamba-hamba-Nya yang memiliki dua sifat ini sebagai orang-orang yang bisa mengambil pelajaran ketika menyaksikan tanda-tanda kemahakuasaan nya.
Allah. Allah berfirman: 
“Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kemahakuasaan Allah) bagi setiap orang yang sangat sabar dan banyak bersyukur,”(QS Luqmaan: 31).

Beberapa faidah penting yang dapat kita petik dari hadits ini:
  1. Imam Ibnul Qayyim berkata: “(Hadits di atas menunjukkan bahwa) tingkatan-tingkatan iman seluruhnya (berkisar) antara sabar dan syukur.
  2. Kehidupan seorang mukmin seluruhnya bernilai kebaikan dan pahala di sisi Allah, baik dalam kondisi yang terlihat membuatnya senang ataupun susah.
  3. Seorang hamba yang sempurna imannya akan selalu bersyukur kepada Allah ketika senang dan bersabar ketika susah, maka dalam semua keadaan dia senantiasa ridha kepada Allah dalam segala ketentuan takdir-Nya, sehingga kesusahan dan musibah yang menimpanya berubah menjadi nikmat dan anugerah baginya.
  4. Orang yang tidak beriman akan selalu berkeluh kesah dan murka ketika ditimpa musibah, sehinnga semua dosa dan keburukan akan menimpanya, dosa di dunia karena ketidaksabaran dan ketidakridhaannya terhadap ketentuan takdir Allah, serta di akhirat mendapat siksa neraka.
  5. Keutamaan dan kebaikan dalam semua keadaan hanya akan diraih oleh orang-orang yang sempurna imannya.
  6. Rukun sabar ada tiga yaitu: menahan diri dari sikap murka terhadap segala ketentuan Allah, menahan lisan dari keluh kesah, dan menahan anggota badan dari perbuatan yang dilarang (Allah), seperti menampar wajah (ketika terjadi musibah), merobek pakaian, memotong rambut dan sebagainya.
  7. Rukun syukur juga ada tiga: mengakui dalam hati bahwa semua nikmat itu dari Allah Yang maha Kuasa, menyebut-nyebut semua nikmat tersebut secara lahir (dengan memuji Allah dan memperlihatkan bekas-bekas nikmat tersebut daalm rangkan mensyukurinya), dan menggunakan nikmat tersebut di jalan yang diridhai Allah.
inilah baberapa tips dari sya admin kutipan terbaru tentang TIPS HIDUP TENTRAM, DAMAI, AMAN DAN BAHAGIA DENGAN BERSYUKUR dalam islam semoga Bermanfaat untuk kita semua. AMIN.

Terima Kasih

0 Komentar untuk "TIPS HIDUP TENTRAM, DAMAI, AMAN DAN BAHAGIA DENGAN BERSYUKUR"

 
Copyright © 2014 KUTIPAN TERBARU - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info